Pengertian, Fungsi, dan Cara Konfigurasi IP Address (Alamat IP) di Linux

Pengertian IP Address

Yang dimaksud dengan IP Address (Internet Protocol Address) atau bisa disebut Alamat IP adalah sebuah identitas berupa angka yang digunakan pada seluruh perangkat yang terhubung dengan jaringan komputer yang menggunakan protokol atau aturan aturan internet untuk saling berkomunikasi.

Fungsi dari IP Address

Fungsi dari IP Address adalah digunakan untuk mengidentifikasi host atau perangkat yang terhubung ke jaringan, dan untuk menyediakan lokasi dari setiap host tersebut, serta digunakan untuk membangun jalur antara host satu dengan host lainnya sehingga bisa saling berkomunikasi.

Nah pada kesempatan kali ini Kita akan mengatur atau mengkonfigurasi IP Address pada Linux Debian, yang mana Kita sudah menginstal Debian di VirtualBox. Disini Kita akan mengatur Adapter 1 mengarah ke Internet (NAT) dan Adapter 2 mengarah ke Host Only.

Cara Konfigurasi IP Address

  1. Langkah Pertama, buka Debian pada VirtualBox, pilih menu Settings lalu pada menu Network pilih Adapter 1 dan pada Attached to pilih tipe NAT.


  2. Masuk ke Adapter 2 dan centang Enable Network Adapter, lalu pada Attached to pilih Host-only Adapter dan pada bagian name silahkan pilih VirtualBox Host-Only Ethernet Adapter. Klik OK lalu jalankan Debiannya.

  3. Selanjutnya login ke Debiannya, lalu masuk ke user root su - Masukkan perintah ini ip a untuk mengetahui perangkat jaringan yang terpasang lalu tekan Enter.


  4. Masukkan perintah berikut nano /etc/network/interfaces, lalu tekan Enter. dan isikan script seperti berikut (untuk bagian address 192.168.10.1 dan netmask 24 bisa Kalian ganti sesuai kebutuhan). Tekan Ctrl + o, Enter, Ctrl + x untuk menyimpan konfigurasi.
  5.  # perintah untuk mengatur adapter 1 agar memperoleh IP DHCP
    auto enp0s3
    iface enp0s3 inet dhcp

    # perintah untuk mengatur IP Address adapter 2 secara static
    auto enp0s8
    iface enp0s8 inet static
    address 192.168.10.1
    netmask 24

  6. Berikutnya lakukan restart konfigurasi IP Address dengan perintah /etc/init.d/networking restart, fungsinya untuk menyimpan dan menerapkan konfigurasi IP Addressnya pada Linux Debian.

  7. Lakukan pengecekan dengan perintah ip a dan pada enp0s8 sudah dapat IP Address yaitu 192.168.10.1/24.

Demikian Penjelasan singkat tentang IP Address dan cara konfigurasinya di Linux Debian, yang mana perintahnya kurang lebih sama bila digunakan di berbagai distro Linux seperti Ubuntu, Linux Mint, dll.

Semoga Bermanfaat...
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url