Cara Install Cisco Packet Tracer di Windows & Linux

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Apa itu Cisco System, sekilas tentang software simulasi jaringan Cisco Packet Tracer, dan cara menginstall Cisco Packet Tracer di desktop Windows 10 dan Linux Ubuntu.

Apa itu Cisco System?

Cisco System adalah sebuah perusahaan besar bidang telekomunikasi yang didirikan pada tahun 1984 dan bermarkas di San Jose, California, Amerika Serikat.

Cisco System sendiri mempunyai 2 bidang bisnis yang pertama adalah di bidang pembuatan hardware seperti router, switch, firewall, wireless access point, ip phone, dan pada bidang software seperti Cisco Packet Tracer yang digunakan untuk simulasi jaringan serta Cisco Webex untuk video conference. Yang kedua adalah pada bidang pendidikan/training pembelajaran networking dan security yang diadakan oleh Cisco Networking Academy.

Cisco System adalah perusahaan pertama yang mengeluarkan sebuah router yang cukup populer dan terkenal akan teknologi yang diusungnya, konfigurasi yang mudah dipahami, memiliki kapasitas RAM dan CPU yang memumpuni serta daya tahan yang baik sehingga cocok digunakan untuk jaringan berskala besar.

Baca Juga : Install MikroTik RouterOS di VirtualBox Untuk Simulasi Jaringan.


Mengenal Cisco Packet Tracer

Cisco juga mempunyai sebuah software yang sangat bermanfaat untuk pembelajaran simulasi jaringan di sekolah maupun di kampus, software itu adalah Cisco Packet Tracer. Cisco Packet Tracer merupakan software yang menyediakan tool-tool yang memudahkan kita untuk membuat, merancang, dan konfigurasi jaringan maupun IOT (internet of things) tanpa membeli setiap perangkat-perangkat tersebut terlebih dahulu.

Cisco Packet Tracer ini bisa digunakan diperangkat Windows, Linux, Mac OS, IOS, maupun Android, untuk Android dan IOS bisa Anda dapatkan di play store/app store smartphone Anda, untuk Windows dan Linux kita akan membahasnya di bawah ini.

Install Cisco Packet Tracer di Windows

Sebelum menginstall Cisco Packet Tracer, silahkan buat akun netacad terlebih dahulu melalui link berikut Netacad, selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Silahkan masuk ke akun Netacad Anda. Ketik alamat email dan password yang Anda gunakan saat pendaftaran dan klik tombol Sign in. Setalah masuk, gulir ke bawah situs web dan klik pada area PACKET TRACER.

  2. Setelah itu, Anda bisa mengunduh software Cisco Packet Tracernya yang kompatibel dengan Windows Kalian (32 bit/ 64 bit). 

  3. Jika sudah selesai, pada file Cisco Packet Tracer tadi klik kanan dan Run as administrator. lalu centang pada bagian I accept the agreement dan klik Next.

  4. Selanjutnya pilih lokasi folder yang akan dibuat instalasi Cisco Packet Tracernya atau biarkan default saja lalu Next. Setelah itu, biarkan default saja dan Next.

  5. Centang Create a desktop shortcut untuk membuat shortcut di desktop. Pada tampilan Ready to Install pastikan konfigurasi yang diperlukan untuk menginstall Packet Tracer sudah benar, jika ada yang ingin diubah klik tombol Back. Jika sudah klik Install.

  6. Klik tombol Finish untuk menjalankan simulator jaringan Cisco Packet Tracer, jika ada peringatan pemberitahuan keamanan Windows klik tombol Allow access.

  7. Pada tampilan login Cisco Packet Tracer, Anda dapat masuk dengan akun yang Anda buat di Netacad tadi atau bisa menggunakan Guest login jika Anda belum memiliki akun.

  8. Proses instalasi sudah selesai, kurang lebih tampilannya seperti ini.

Install Cisco Packet Tracer di Linux

Pada install Cisco Packet Tracer kali ini, kita akan menginstall di Linux Ubuntu, Simak langkah-langkah di bawah ini:

  1. Setelah Anda mengunduh Cisco Packet Tracer untuk Linux di website resminya, sekarang buka Terminal Linux Anda dan masuk ke direktori Download (atau tempat folder unduhan Anda) :
  2. $ cd Downloads/
    $ ls (untuk mengecek isi dari folder Downloads)

  3. Jika file Cisco Packet Tracer tadi sudah ada, buat direktori baru misal PTInstaller untuk mengekstrak file Cisco Packet Tracer yang sudah diunduh tadi,
  4. $ mkdir PTInstaller

  5. Sekarang ekstrak arsip Packet Tracer dengan perintah berikut,
  6. $ sudo tar xvzf 'Packet Tracer 7.2 for Linux 64 bit.tar.gz' -C PTInstaller

  7. Lalu masuk ke direktori PTInstaller dengan perintah,
  8. $ cd PTInstaller

  9. Mulai instalasi dengan perintah berikut,
  10. $ ./install

  11. Selanjutnya tekan Enter, pada perjanjian lisensi tekan y lalu Enter. Selanjutnya biarkan default saja dan tekan Enter. Pada Should we try to gain root access with sudo? tekan y lalu Enter. Lalu tekan y lagi dan Enter, dan Packet Tracer sudah diinstall. Selanjutnya restart komputer Anda dengan perintah,
  12. $ sudo reboot

  13. Setelah itu, masuk ke direktori /tmp dengan perintah berikut,
  14. $ cd /tmp

  15. Untuk mengunduh package libpng12-0 jalankan perintah berikut,
  16. $ wget http://ftp.us.debian.org/debian/pool/main/libp/libpng/libpng12-0_1.2.50-2+deb8u3_amd64.deb

  17. Sekarang install libpng12-0 dengan perintah berikut,
  18. $ dpkg -i libpng12-0_1.2.50-2+deb8u3_amd64.deb

  19. Selanjutnya masuk ke direktori /opt/pt/bin dengan perintah,
  20. $ cd /opt/pt/bin

  21. Install semua Qt libararies dengan perintah berikut, lalu tekan y dan Enter,
  22. $ sudo apt update && sudo apt install libqt5webkit5 libqt5multimediawidgets5 libqt5svg5 libqt5script5 libqtscripttools5 libqt5sql5

  23. Jika penginstallan sudah selesai coba ketikkan perintah berikut untuk menjalankan Packet Tracernya, Jika keluar notifikasi klik OK,
  24. $ ./PacketTracer7

  25. Selanjutnya muncul halaman login, dan masukkan akun dan password Anda, maka installasi Cisco Packet Tracer di Linux Ubuntu sudah selesai.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang Cisco System, fitur-fiturnya, mengenal Cisco Packet Tracer, dan cara install Cisco Packet Tracer di Windows 10 dan Linux Ubuntu. Kalau ada pertanyaan atau langkah-langkah yang kurang mengerti silahkan komentar di bawah ini ya.

Semoga Bermanfaat...

Referensi

  • How to Install Packet Tracer on Ubuntu | SYSNETTECH Solutions
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url