Cara Install Telegram dan WhatsApp di Desktop Windows

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa itu Telegram dan WhatsApp, fitur - fitur yang tersedia, serta bagaimana cara menginstal Telegram dan WhatsApp di desktop Windows.


Apa itu Telegram dan WhatsApp

Telegram adalah sebuah aplikasi chating gratis yang layak dipertimbangkan dengan aplikasi chating lainnya seperti WhatsApp. Telegram dikembangkan oleh Telegram Messenger LLP yang merilis Telegram pada Agustus 2013. Telegram juga sudah mendukung banyak perangkat seperti Android, IOS, Windows Phone, Ubuntu Touch, Windows, OS X, dan Linux.

Sama seperti Telegram, WhatsApp juga merupakan aplikasi chating gratis yang sudah banyak penggunanya. Awalnya, WhatsApp dibuat hanya untuk pengguna IPhone, kemudian seiring perkembangannya, WhatsApp juga tersedia untuk pengguna BlackBerry, Android, Windows Phone, dan Symbian.


Fitur - Fitur Telegram

Sebagai aplikasi chating layaknya WhatsApp, Telegram dapat digunakan pengguna untuk berkirim pesan, video, foto, dokumen, stiker, GIF, panggilan suara hingga panggilan video.

Grub pada Telegram memiliki kapasitas 200.000 anggota. Didalam grub Telegram juga memiliki fitur yang memudahkan seorang admin untuk mengontrol keanggotaannya seperti menghapus pesan secara massal, menyematkan pesan penting, dan fitur berbagi dokumen yang bisa mencapai 2GB.

Jika butuh anggota grub yang lebih banyak, Telegram memiliki fitur channel yang bisa diikuti oleh siapapun, pemilik channel tersebut bisa mengirim pesan ke semua pengikutnya, tetapi pengikut channel tersebut tidak bisa memberikan respon/balasan pada pesan yang dikirimkan.

Fitur yang tidak kalah menariknya adalah fitur secret chat. Pesan yang dikirim melalui secret chat ini akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end, sehingga tidak ada siapapun yang mengintip percakapan pengguna.

Aplikasi Telegram juga memiliki sistem enkripsi yang dikembangkan sendiri yaitu MTProto. Telegram mengklaim bahwa sistem ini lebih tangguh dan anti-bobol, sistem enkripsi ini hanya berlaku pada fitur secret chat saja. Sedangkan untuk percakapan pribadi atau grub, Telegram menggunakan metode distributed infrastructure. Yang artinya data percakapan pengguna akan disimpan di data center yang tersebar di seluruh dunia, sehingga hukum yang melindungi data ini tergantung dari negara masing-masing.


Fitur - Fitur WhatsApp

Fitur - fitur yang ada di WhatsApp juga tidak jauh berbeda dengan fitur yang ada di Telegram. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Aplikasi WhatsApp menggunakan nomor telepon ponsel yang Kita gunakan untuk berinteraksi dengan sesama pengguna WhatsApp. Aplikasi ini juga menggunakan fitur push sehingga Kalian mendapat notifikasi ketika ada pesan yang diterima. WhatsApp ini mengandalkan koneksi internet untuk menggunakannya. Kalian bisa melihat pesan yang sudah diterima ketika tidak tersambung ke internet, tetapi ketika Kalian mengirim pesan akan terdapat tanda jam yang menandakan pesan tersebut tertunda sampai mendapat koneksi internet.

WhatsApp akan melakukan sinkronisasi otomatis ketika nomor teman Kalian terdaftar di WhatsApp, sehingga Kalian akan mendapatkan daftar kontak WhatsApp yang terisi secara otomatis.

WhatsApp menggunakan tanda untuk memberikan info terkirimnya pesan. Satu tanda centang (berwarna abu-abu) berarti pesan berhasil terkirim. Dua tanda centang (berwarna abu-abu) berarti pesan sudah diterima tapi belum dibaca. Dua tanda centang (berwarna biru) berarti pesan sudah dibaca. Apabila tidak terkoneksi ke internet, akan muncul tanda jam yang menandakan pengiriman pesan tertunda.

Untuk fitur WhatsApp Call, pengguna bisa menelpon dengan koneksi internet dan juga bisa menelpon hingga lebih dari 2 orang. Pengguna juga bisa menelpon dengan bertatapan langsung dengan orang yang ditelpon. Kalian juga dapat membuat status seperti mengirim video liburan, foto keluarga, teks, dan lain lain.

Cara Menginstal Telegram di Windows

Berikut penjelasan tentang bagaimana sih cara menggunakan atau menginstal aplikasi Telegram ini di laptop yang menggunakan OS Windows. Berikut tata caranya:

  1. Langkah pertama, Kalian bisa membuka website resmi dari Telegram Telegram Desktop dan silahkan pilih Dapatkan Telegram untuk Windows

  2. Berikutnya lakukan installasi dengan klik kanan pada file Telegram, lalu klik open. dan pilih bahasa yang Kalian inginkan.

  3. Selanjutnya pilih tempat folder penginstalan dan klik Next, lalu biarkan default saja dan klik Next, berikutnya centang Create a default shortcut lalu Next, Install, dan Finish.

  4. Masuk ke Telegramnya dan pilih negara Kalian serta masukkan nomor ponsel lalu klik Next

  5. Lalu klik verifikasi yang ada di pesan Telegram ponsel Kalian, maka install Telegram di desktop sudah berhasil.

Cara Install WhatsApp di Windows

Untuk cara install WhatsApp di komputer Windows, silahkan simak tutorial di bawah ini:

  1. Silahkan pergi ke website WhatsApp dan pilih unduh untuk Windows

  2. Install WhatsApp dengan cara klik kanan lalu open. Selanjutnya buka WhatsApp di ponsel Kalian, tap Menu titik tiga atau Settings dan pilih WhatsApp Web, lalu scan code yang ada di komputer Kalian. 

  3. Install WhatsApp sudah berhasil. 
Demikian penjelasan tentang aplikasi chating Telegram dan WhatsApp, serta fitur-fitur yang diberikan oleh keduanya. Kita juga sudah selesai melakukan instalasi Telegram dan WhatsApp di komputer yang menggunakan OS Windows.

Jika tidak ingin menginstal Telegram dan WhatsApp di komputer Kalian, Kalian bisa menggunakan Telegram dan WhatsApp yang berbasis web. Untuk cara penggunaannya kurang lebih sama seperti langkah di atas.

Semoga Bermanfaat...

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url