Install dan Konfigurasi SSH Server (OpenSSH) di Linux Debian 10


Jika kita ingin mengakses sebuah server karena kebutuhan mendadak atau hanya sekedar mengecek keamanannya dan lain-lain. Namun, kita tidak sedang berada di dekat server tersebut atau kita sedang berada di luar daerah ataupun luar negeri. Bagaimana caranya kita mengakses server tersebut?, tidak mungkin kita pulang kembali untuk memperbaiki server tersebut, itu akan memakan banyak waktu.

Untuk mengatasi masalah tersebut, terdapat sebuah software yaitu SSH Server. Apa itu SSH Server?, Bagaimana cara menginstallnya?, Bagaimana cara mengkonfigurasinya?, mari kita membahasnya bersama-sama.

Apa itu SSH Server?

SSH (Secure Shell) merupakan sebuah protokol remote yang memungkinkan penggguna (user) untuk mengakses atau memodifikasi berbagai pengaturan maupun file yang ada di dalam komputer server melalui media jaringan.

Secara default SSH server menggunakan protocol TCP port 22. Teknologi enkripsi yang digunakan SSH ini ada 3 macam, yaitu enkripsi simetris, enkripsi asimetris, dan hashing.

  • Enkripsi Simetris, disebut juga shared key atau shared secret. Enkripsi Simetris merupakan enkripsi yang menggunakan secret key untuk melakukan enkripsi dan juga deskripsi data oleh SSH client maupun SSH server.

  • Enkripsi Asimetris, enkripsi ini menggunakan 2 buah kunci (key) yang berbeda antara SSH server (private key) dan SSH client (public key).

  • Hashing, merupakan enkripsi yang memiliki fungsi mengekripsi data tetapi tidak melakukan deskripsi pada data tersebut.
Fungsi utama dari SSH ini adalah untuk mengakses komputer server secara remote dengan koneksi yang dienkripsi. Dengan SSH, semua komunikasi antara server dan client ter-enkripsi, sehingga ketika komunikasi tersebut disadap, penyadap tidak mungkin memahami isinya.

Selanjutnya kita akan memulai mengkonfigurasi SSH server pada Debian 10, kita akan menggunakan OpenSSH server sebagai software yang akan digunakan dalam praktek kali ini. Yukk simak penjelasan di bawah ini.

Menginstall OpenSSH Server di Debian 10

Pada praktek kali ini, kita akan mengonfigurasi SSH server Debian 10 di VirtualBox, oleh karena itu, silahkan mengkonfigurasi IP Address yang mengarah ke internet dan mengarah ke client Windows 10. Untuk konfigurasi IP Address di Linux Debian Anda bisa berkunjung di artikel berikut ini.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, dan Cara Konfigurasi IP Address (Alamat IP) di Linux.



  1. Langkah pertama, Anda harus masuk ke user root terlebih dahulu,
  2. su -

  3. Selanjutnya lakukan update untuk memastikan package Anda sudah diperbarui dengan perintah berikut,
  4. apt install update

  5. Untuk menginstall SSH server menggunakan aplikasi OpenSSH jalankan perintah berikut,
  6. apt install openssh-server
    lalu tekan y untuk melanjutkan. Jika installasi berhasil maka SSH server sudah bisa digunakan.

  7. Untuk mengecek apakah OpenSSH sudah berjalan dengan baik, ketikkan perintah berikut,
  8. systemctl status sshd
    SSH server sudah active, secara default berjalan pada port 22.

Mengaktifkan SSH pada Pengaturan UFW

Jika Debian Anda menggunakan UFW (Uncomplicated Firewall) sebagai firewall default. Anda harus mengaktifkan/mengizinkan koneksi SSH pada Debian Anda. Untuk mengaktifkan koneksi SSH pada UFW, jalankan perintah berikut ini,
ufw allow ssh

Meremote SSH Server di Linux Debian

  1. Untuk membuktikan installasi OpenSSH server berhasil atau tidak, kita akan melakukan pengujian pada Debian 10 terlebih dahulu, dengan menggunakan perintah berikut ini,
  2. ssh -p (port) (username)@(ip_address)

  3. Misalnya untuk menyambungkan ke SSH Server kita sendiri yang mendapat IP Address 192.168.10.1, maka jalankan perintah berikut ini,
  4. ssh -p 22 tkj@192.168.10.1

  5. Masukkan password Anda dan tekan Enter, jika tidak ada error maka installasi OpenSSH server berhasil.

Meremote SSH Server di Windows 10

Selanjutnya pengujian pada client yang tersambung dengan SSH Server tersebut, saat ini kita menggunakan Windows 10 sebagai clientnya.

  1. Atur IP Address Windows 10-nya yang menyambung ke Debian dengan adapter VirtualBox Host-Only. Sesuaikan dengan IP Address yang Anda gunakan tadi. Seperti pada gambar di bawah ini, kita menggunakan IP Address 192.168.10.2 dan gatewaynya adalah IP Address adapter 2 Debian yaitu 192.168.10.1.
  2. Selanjutnya buka software PuTTY Anda, jika belum menginstallnya silahkan pergi ke website ini. Lalu masukkan IP Address Debian yaitu 192.168.10.1 dan klik Open.
  3. Jika ada notifikasi PuTTY Security Alert klik Yes, lalu login menggunakan user Debian dan masukkan passwordnya. Jika tidak ada error, maka remote SSH Server pada client Windows 10 berhasil.

Konfigurasi OpenSSH Server di Debian 10

Sebelum memberikan akses ke pengguna atau client, sebaiknya melakukan beberapa konfigurasi agar koneksi SSH server aman dari penyerang, terutama jika server Anda berjalan secara online. Berikut beberapa konfigurasi untuk mengamankan koneksi SSH server Anda.

Mengubah Port Default SSH Server

Agar kita menjalankan koneksi SSH server dengan aman, yang pertama kita lakukan adalah mengubah port koneksi default SSH-nya.

  1. Untuk mengubahnya silahkan edit file sshd_config dengan perintah berikut,
  2. nano /etc/ssh/sshd_config

  3. Edit file sshd_config Anda dan cari baris berikut,
  4. #Port 22

  5. Selanjutnya hapus tanda # dan ubah portnya. Pastikan portnya tidak sama dengan protokol lainnya, lalu save konfigurasinya dengan klik Ctrl+o, Enter, Ctrl+x.

Menonaktifkan Akses Login Root SSH Server

Secara default Anda dapat meremote SSH Server dengan akses root, tentu ini akan beresiko jika ada orang yang tidak kita kenal atau penyadap yang mengerti password root kita. Untuk mengatasi hal tersebut, kita akan menonaktifkan akses login root pada OpenSSH server.

  1. Langkah pertama, silahkan Anda masuk dan edit file sshd_config dengan perintah berikut :
  2. nano /etc/ssh/sshd_config

  3. Selanjutnya pada baris #PermitRootLogin prohibit-password hapus tanda # dan ganti prohibit-password dengan no, lalu save dengan klik Ctrl+o, Enter, Ctrl+x.

  4. Restart konfigurasi OpenSSH-nya dengan perintah berikut,
  5. systemctl restart sshd

Cara Keluar/Log Out dari Koneksi SSH Server

Untuk keluar dari koneksi SSH server Debian 10, Anda dapat menekan Ctrl+d atau bisa mengetik 'logout' dan koneksi SSH Anda dihentikan.

Menonaktifkan SSH Server

  1. Untuk menonaktifkan SSH server Anda di Debian 10, jalankan perintah berikut,
  2. systemctl stop sshd
    systemctl status sshd

  3. Selanjutnya, silahkan remote kembali SSH server Anda, maka SSH server Anda tidak bisa diakses lagi.

Kesimpulan

Pada tutorial Install dan Konfigurasi SSH Server (OpenSSH) di Linux Debian 10 kali ini, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, misalnya Anda bisa menonaktifkan akses root login atau mengaktifkannya dan masih banyak lagi. Anda juga harus memperhatikan segi keamanan dari server Anda dengan mengkonfigurasi opsi keamanan yang ada di OpenSSH server ini.

Jika terdapat kalimat atau tutorial yang kurang tepat, mohon koreksi, kritik, dan sarannya. Jika masih ada yang belum dipahami, silahkan berkomentar di bawah ini ya. Dan jangan lupa share ke teman-teman yang lain ya...

Semoga Bermanfaat...
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url