Cara Install VirtualBox di Windows

Ketika Anda ingin mencoba suatu OS atau software, namun Anda ragu-ragu bila terjadi suatu kesalahan atau virus yang ada di software tersebut. Mungkin Anda ingin mencoba OS Linux di komputer/laptop Anda, tetapi takut menggunakan dual boot? VirtualBox adalah jawabannya. Apa itu VirtualBox?, bagaimana cara menginstall VirtualBox?, dan bagaimana cara memasang extensions pack VirtualBox? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu VirtualBox?

VirtualBox adalah sebuah software virtualisasi yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan beberapa sistem operasi (Guest Operating System/Guest OS) di dalam sistem operasi utama (Host OS) komputer/laptop Anda, pada waktu yang sama.

Sebagai contoh, Anda dapat menjalankan Linux di komputer Windows Anda. Segala perubahan yang Anda lakukan pada Linux tersebut tidak akan berpengaruh terhadap Windows Anda.

Anda dapat menjalankan mesin virtual di VirtualBox sebanyak yang Anda butuhkan, yang membatasinya adalah ruang penyimpanan dan memori pada komputer utama yang Anda miliki.

Apa itu Host OS dan Guest OS?

Host OS, merupakan sistem operasi utama komputer yang Anda gunakan, sedangkan Guest OS adalah sistem operasi yang Anda install di VirtualBox. Misal komputer Anda menggunakan OS Windows 10, kemudian Anda menginstall Linux Ubuntu di VirtualBox. Berarti Windows 10 merupakan Host OS, dan Linux Ubuntu yang ada di VirtualBox merupakan Guest OS.

Apa Saja Guest OS yang Dapat Dijalankan di VirtualBox?

Secara teoritis, VirtualBox dapat menjalankan berbagai OS seperti DOS, Windows, OS/2, FreeBSD, OpenBSD. Tetapi untuk mencapai kinerja terbaik, Oracle VirtualBox harus melakukan banyak pengoptimalan untuk OS tertentu.

Jadi Oracle VirtualBox secara resmi mendukung dan mengoptimalkan untuk beberapa pilihan yag mencakup OS yang paing umum. Untuk melihat Guest OS yang dapat diinstall di VirtualBox silahkan berkunjung di link berikut GuestOS – Oracle VM VirtualBox.

Berapa Banyak Penyimpanan atau Memori yang Digunakan Pada GuestOS VirtualBox?

Penggunaan Penyimpanan dan Memori RAM, tergantung dari sistem operasi yang Anda install di VirtualBox, Misalnya kita menginstall Debian berbasis CLI dan berbasis GUI tentu media penyimpanan dan penggunaan memori/RAM berbeda. Debian berbasis CLI tentu lebih sedikit penggunaannya dibanding dengan Debian berbasis GUI.

Cara Install VirtualBox di Windows

Berikut ini langkah-langkah menginstall VirtualBox di Windows:

  1. Pertama, download telebih dahulu VirtualBoxnya dari link berikut. Pada VirtualBox 6.1.18 platform packages pilih Windows hosts (pada saat artikel ini dibuat, versi VirtualBox yang terbaru adalah versi 6.1.18).
  2. Download VirtualBox - Pondok TKJ

  3. Jika sudah selesai mendownload, klik 2 kali file VirtualBox untuk memulai instalasi.

  4. Lalu akan muncul jendela Setup, klik Next untuk melanjutkan instalasi VirtualBox.
  5. Instal VirtualBox di Windows - Pondok TKJ

  6. Selanjutnya, Anda dapat memilih fitur apa saja yang ingin diinstall (Kami menyarankan agar Anda membiarkan pengaturan tersebut secara default).
  7. Pilih fitur dan lokasi instalasi - Pondok TKJ

  8. Anda juga dapat mengganti lokasi penginstallan VirtualBox dengan klik tombol Browse. Setelah memilih lokasi instalasi, klik OK.

  9. Klik Disk Usage untuk memastikan bahwa masih ada cukup penyimpanan di drive tempat instalasi. Apabila kapasitas penyimpanan tidak cukup, maka akan muncul highlight pada penyimpanan tersebut. Jika kapasitas penyimpanan masih mencukupi, klik OK.

  10. Selanjutnya muncul tampilan seperti ini,
  11. Pilih Opsi - Pondok TKJ

  12. Berikutnya, akan muncul jendela Warning: Network Interfaces yang memberitahu bahwa koneksi jaringan akan ter-reset sementara waktu saat proses instalasi. Anda tidak perlu khawatir karena hal ini hanya mereboot ulang jaringan Anda, bukan mereset settingan jaringan Anda. Klik Yes untuk melanjutkan.
  13. Memulai Ulang Jaringan Anda - Pondok TKJ

  14. Saat proses instalasi berlangsung, akan muncul kotak dialog Windows Security. Silahkan Anda centang Always trust software from "Oracle Corporation". Fungsinya untuk mencegah Windows memunculkan kotak dialog serupa saat menginstall software lainnya dari Oracle. Lalu klik Install untuk melanjutkan.
  15. Always trust software from "Oracle Corporation" - Pondok TKJ

  16. Selanjutnya muncul jendela pemberitahuan bahwa instalasi VirtualBox sudah selesai. Silahkan centang Start Oracle VM VirtualBox 6.1.18 after installation, maka ketika Anda mengklik tombol Finish VirtualBox akan otomatis berjalan.
  17. Klik Finish - Pondok TKJ

  18. Berikut tampilan VirtualBox versi 6.1.18 yang baru saja selesai diinstall.
  19. Instalasi VirtualBox Berhasil - Pondok TKJ

Cara Memasang VirtualBox Extensions Pack

Setelah melakukan instalasi VirtualBox, Anda disarankan untuk memasang/menginstall VirtualBox Extensions Pack untuk menambah fitur-fitur di VirtualBox. Beberapa fitur tambahan tersebut antara lain dukungan untuk perangkat USB 2.0 dan USB 3.0, VirtualBox RDP, enkripsi disk, NVME, boot PXE untuk Intel Card, Host webcam passthrough, fitur integrasi cloud.

Berikut ini langkah-langkah untuk menginstall dan memasang VirtualBox Extensions Pack:

  1. Silahkan download terlebih dahulu VirtualBox Extensions Pack dari link berikut ini. Pada bagian VirtualBox 6.x.xx Oracle VM VirtualBox Extension Pack, klik All supported platforms.
  2. Download Extensions Pack - Pondok TKJ

  3. Selanjutnya buka VirtualBox Anda, lalu klik File > Preferences. Pada bagian Extensions, klik tombol (+) Add new packages.
  4. Add New Packages - Pondok TKJ

  5. Cari dan pilih file Extensions Pack yang sudah didownload tadi, lalu klik Open.
  6. Masukkan File Extensions Pack - Pondok TKJ

  7. Ketika muncul kotak dialog konfirmasi install dan keterangan tentang Extensions Pack. Klik Install untuk melanjutkan instalasi.
  8. Install Extensions Pack - Pondok TKJ

  9. Pada kotak dialog VirtualBox License, silahkan scroll ke bawah kemudian klik I Agree.
  10. VirtualBox License - Pondok TKJ

  11. Setelah proses instalasi, akan muncul kotak dialog VirtualBox Extension Pack was installed succesfully, klik OK.

  12. Dan instalasi VirtualBox Extension Pack sudah selesai.
  13. Extension Pack - Pondok TKJ

Kesimpulan

Demikianlah cara menginstall VirtualBox beserta extension packnya, Anda dapat memulai mencoba menginstall OS sesuai keinginan Anda. Mungkin Anda ingin menginstall Linux Debian 10 di VirtualBox Anda dapat membaca artikel berikut,

Baca Juga : Tutorial Install Debian 10 Buster Berbasis CLI di VirtualBox - Pondok TKJ.

Bila ingin menginstall Windows 7 di VirtualBox Anda dapat berkunjung di artikel berikut,

Baca Juga : Cara Install Windows 7 di VirtualBox - Pondok TKJ.

Jika Anda ingin menginstall MikroTik RouterOS di VirtualBox untuk kebutuhan simulasi jaringan Anda dapat membaca artikel berikut,

Baca Juga : Install MikroTik RouterOS di VirtualBox Untuk Simulasi Jaringan - Pondok TKJ.

Jika Anda masih bingung langkah-langkah instalasi di atas, Anda dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah ini.

Semoga Bermanfaat...
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url