Cara Save dan Delete Konfigurasi Router Cisco

IOS (internetwork Operating System) adalah sistem operasi multitasking yang digunakan router dan switch Cisco. Sistem Operasi ini berfungsi untuk menjalankan proses perutean/routing, switching, internetworking dan fitur lain yang didukung oleh perangkat-perangkat Cisco.

Konfigurasi-konfigurasi yang diterapkan pada router atau switch Cisco tidak akan menyimpan konfigurasi secara otomatis. Kita harus melakukan save configuration agar konfigurasi yang kita terapkan tidak hilang saat router atau switch mati.

Berikut cara menyimpan konfigurasi pada router atau switch Cisco:

Menyimpan Konfigurasi Cisco

Perangkat Cisco menyimpan perintah dalam 2 file konfigurasi yakni running-config dan startup-config. Perintah yang kita terapkan pada router/switch akan tersimpan otomatis dan dapat dijalankan langsung, akan tetapi konfigurasi tersebut masih berada di RAM perangkat, jadi jika perangkat tersebut mati, semua konfigurasi akan hilang.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita perlu menyalin file konfigurasi yang sedang berjalan ke dalam startup-config. Konfigurasi startup-config ini tersimpan pada NVRAM (Nonvolatile RAM), sehingga semua konfigurasi tidak hilang ketika perangkat Cisco mati.

Untuk menyimpan ke startup-config, kita harus masuk ke Privileged Mode dan jalankan perintah berikut:
Router#copy running-config startup-config
Save Configuration Cisco - Pondok TKJ
Anda bisa juga menggunakan perintah berikut yang lebih sederhana untuk menyimpan konfigurasi perangkat Cisco:
Router#write
Building configuration...
[OK]
Router#

Menghapus Konfigurasi Cisco

Pada kondisi tertentu seperti konfigurasi yang kita terapkan ternyata salah atau perangkat Cisco mengalami crash, yang mengharuskan Anda untuk menghapus konfigurasi dan memulihkan perangkat Cisco ke default pengaturan.

Untuk menghapus konfigurasi pada router atau switch Cisco gunakan salah satu perintah berikut (karena tidak semua perintah support di semua perangkat Cisco)
  • write erase
  • erase nvram:
  • erase startup-config
Pilih salah satu perintah di atas, sesuaikan dengan perangkat masing-masing. Perintah tersebut akan menghapus seluruh konfigurasi yang tersimpan di NVRAM. Setelah itu, reload perangkat tersebut, maka router/switch akan kembali ke pengaturan awal atau Setup Mode.
Router#erase startup-config
Erasing the nvram filesystem will remove all configuration files! Continue? [confirm]
[OK]
Erase of nvram: complete
%SYS-7-NV_BLOCK_INIT: Initialized the geometry of nvram
Router#reload
System configuration has been modified. Save? [yes/no]:yes
Building configuration...
[OK]
Proceed with reload? [confirm]
System Bootstrap, Version 12.1(3r)T2, RELEASE SOFTWARE (fc1)
Copyright (c) 2000 by cisco Systems, Inc.
Initializing memory for ECC
..

Kesimpulan

Demikianlah cara untuk save dan delete konfigurasi pada router dan switch Cisco. Anda dapat melihat konfigurasi-konfigurasi apa saja yang berjalan dengan menggunakan perintah show running-config

dan untuk melihat konfigurasi yang sudah tersimpan di NVRAM menggunakan perintah show startup-config

Dan untuk mendelete semua konfigurasi pada perangkat Cisco, silahkan Anda pilih salah satu perintah di atas, karena beberapa perintah tidak bisa dijalankan pada router atau switch tertentu. Contohnya sebagai berikut:
Router#erase nvram:
             ^
% Invalid input detected at '^' marker.
Sekian penjelasan singkat mengenai cara menyimpan dan menghapus konfigurasi pada Cisco, jika ada kesalahan penulisan atau materi yang kami sampaikan, kami mohon maaf sebesar besarnya. Koreksi, kritik serta saran dari teman-teman akan kami harapkan.

Semoga Bermanfaat...
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url